Pro Jurnalis Siber berkolaborasi dengan PT Timah Tbk menggelar uji kompetensi wartawan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan legalitas dan profesional wartawan di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk yang peduli dalam meningkatkan sumber daya manusia wartawan yang berkompeten," kata Ketua Umum Pro Jurnalis Siber Mahmud Marhaba usai membuka Uji Kompetensi Wartawan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan uji kompetensi wartawan di Kepulauan Babel dimulai Kamis (11/1) hingga Jumat (12/1) yang diuji oleh Lembaga Uji Veteran Yogyakarta, agar semua wartawan di daerah ini berkompeten dan memiliki sertifikat kompetensi sebagai wartawan.

"Kita ingin melalui uji kompetensi ini ada kesamaan derajat diantara semua wartawan, sehingga mereka memiliki kesamaan dan tidak ada saling merasa lebih hebat dari yang lainnya," ujarnya.

Menurut dia saat ini masih banyak wartawan yang belum terkaver untuk melakukan uji kompetensi. Dari 54.000  media digital di Indonesia baru 20 persen wartawan bahkan di bawah itu yang berkompeten.

"Saat ini memang banyak wartawan apalagi wartawan siber yang di mana-mana tumbuh dan ini tentunya diharapkan dengan dilaksanakannya UKW bisa menjadikan berkompetensi sebagai wartawan," ujarnya.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan PT Timah Tbk mendukung peningkatan kompetensi wartawan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi jurnalis menambah kompetensi dan memahami alur produksi informasi yang diharapkan dapat menjadi literasi mengedukasi masyarakat," katanya.

Ia berharap kedepannya PT Timah Tbk bersama jurnalis untuk terus tetap berkolaborasi yang lebih baik.

"Dengan adanya kolaborasi ini, jurnalis lebih menjadi fungsi kontrol sosial di masyarakat yang semakin dinamis," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024