Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan  bahwa pihaknya segera melakukan revisi lokasi kampanye rapat umum.

"Sebelumnya kami telah menetapkan masing-masing tiga lokasi di setiap kecamatan yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar rapat umum pada masa kampanye Pemilu 2024," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Henny Apriana di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan, sebanyak 18 lokasi yang bisa digunakan untuk menggelar rapat umum itu telah ditetapkan melalui Surat Keputusan KPU Kabupaten Bangka Barat Nomor 121 Tahun 2023, namun akan segera direvisi karena ada perubahan lokasi.

"Beberapa hari lalu kami mendapatkan masukan dari kawan-kawan di Kecamatan Tempilang yang menyatakan adanya satu lapangan yang tidak bisa dipakai untuk menggelar rapat umum karena digunakan untuk turnamen," ujarnya.

Selain itu, kata dia, hari ini pihaknya juga mendapatkan masukan dari Bawaslu Kabupaten Bangka Barat terkait lapangan Gelora Mentok yang berada di dalam zona larangan kampanye dan lapangan tersebut juga merupakan aset pemerintah.

Berdasarkan masukan tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi ulang untuk mengubah ke lokasi baru yang memenuhi syarat dan tidak melanggar aturan yang ada.

"Lokasi rapat umum ini merupakan hasil pemantauan kita di lapangan dan masukan dari pihak pemerintah kecamatan, jika ada masukan susulan maka akan segera kita tindaklanjuti dengan menentukan lokasi pengganti. Setelah ditetapkan akan segera diumumkan lokasi baru sebagai pengganti lokasi yang tidak mungkin dipakai tersebut," katanya.

Sebelumnya KPU kabupaten Bangka Barat telah menetapkan sebanyak 18 lapangan yang disiapkan untuk menggelar kampanye rapat umum, yaitu Kecamatan Mentok, lokasi yang disiapkan Lapangan Gelora, Keranggan dan Airbelo, di Kecamatan Simpangteritip disiapkan Lapangan Mutiara Kundi, Simpanggong dan Pangek, Kecamatan Jebus di Lapangan Sungaibuluh, Tumbakpetar dan Sinar Manik.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Kelapa digelar di Lapangan Semut, Jalan Pusuk dan di Sungaibulin, Kecamatan Tempilang di Lapangan Persit Airlintang, Cendrawasih dan Lapangan Gorib, dan untuk kecamatan Parittiga disiapkan lapangan Tambang25, Bakit dan Puput.

Selain menyiapkan lokasi rapat umum, saat ini KPU Bangka Barat juga sedang menyusun jadwal kampanye rapat umum yang melibatkan massa tersebut guna meminimalkan risiko terjadi perselisihan di lapangan.

Jadwal kampanye rapat umum pada Pemilu kali ini akan dimulai 21 Januari hingga 10 Februari 2024 sehingga dibutuhkan persiapan matang dan cermat agar pelayanan yang diberikan penyelenggara bisa adil untuk seluruh peserta pemilu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024