Kepolisian Resor Bangka Barat memperketat pengamanan sejumlah objek vital yang berkaitan dengan penyelenggaraan pesta demokrasi agar Pemilihan Umum 2024 berjalan aman, lancar, tertib, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Ada tiga objek vital penyelenggaraan pemilu yang kami ketatkan pengamanannya, yaitu Kantor KPU Kabupaten Bangka Barat, Kantor Bawaslu dan Gudang Logistik Pemilu yang berlokasi di Pal3 Mentok, hal ini kita lakukan agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, pengetatan keamanan ini dilaksanakan dengan menempatkan beberapa petugas di tiga objek vital tersebut, bahkan di lokasi gudang logistik juga dipasang kamera pemantau oleh pihak KPU Kabupaten Bangka Barat untuk membantu pengamanan.

Selain itu, KPU dan Bawaslu juga menempatkan petugas keamanan masing-masing sebagai upaya antisipasi kemungkinan adanya gangguan kamtibmas di lokasi itu.

"Secara berkala kami juga menggelar patroli bersama tim gabungan untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban terjaga kondusif di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat menjelang pelaksanaan pemungutan suara," katanya.

Dalam kegiatan yang telah digelar selama ini, kata dia, belum ditemukan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dan situasi seperti ini diharapkan bisa terjaga dengan baik seterusnya.

"Kami berharap kehadiran petugas di tengah masyarakat juga bisa memberikan rasa aman selama masa kampanye yang sedang berlangsung saat ini," ujarnya.

Polres Bangka Barat berkomitmen untuk melindungi proses demokrasi dengan menjaga keamanan selama pelaksanaan pemilu, memastikan hak masyarakat untuk berpartisipasi secara aman dan terlindungi.

"Kami berharap keterlibatan petugas bisa mengurangi risiko gangguan keamanan dan ketertiban, ini bentuk tanggung jawab kita demi terciptanya pesta demokrasi yang aman, damai, dan berintegritas di Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024