KPU Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan tata cara pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 kepada 3.990 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Setelah kami melaksanakan pelantikan para petugas KPPS pada Kamis (25/1), dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang akan berlangsung hingga 30 Januari 2024. Kami berharap mereka bisa memahami tata cara pemungutan dan penghitungan pada pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Henny Apriana di Mentok, Minggu.

Ia menjelaskan, sebanyak 3.990 orang petugas KPPS tersebut nantinya akan menjalankan tugas penyelenggara pemungutan suara di 570 tempat pemungutan suara Pemilu 2024 yang tersebar di enam kecamatan.

Dari sebanyak 3.990 petugas KPPS itu terdapat tujuh orang yang berasal dari Rumah Tahanan Mentok yang nantinya akan menjalankan tugas dan fungsi penyelenggara pemilu di TPS khusus Rutan Mentok.

"Bimbingan teknis ini kami lakukan dengan pola yang mudah dipahami dan simulasi kecil agar para petugas KPPS terampil dan paham terkait teknis penyelenggaraan dan penghitungan," katanya.

Dalam bimbingan teknis ini, sebanyak tujuh orang petugas KPPS di setiap TPS akan memiliki tugas dan peran masing-masing, mulai dari pengumuman pembukaan TPS hingga mengumumkan hasil penghitungan suara dan menyerahkan kembali kotak suara kepada petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di hari yang sama.

Materi pencatatan seluruh dokumen dan memastikan seluruh perlengkapan lain, seperti tinta, segel, tinta tanda telah memilih, membantu pemilih disabilitas juga diberikan agar tujuh orang petugas KPPS di setiap TPS benar-benar memahami tugas masing-masing.

Simulasi juga diberikan agar para petugas semakin terampil dan mampu menjalankan tugas masing-masing pada hari pemungutan suara nanti.

"Kami berharap melalui kegiatan bimbingan teknis ini mereka bisa menjalankan tugas dengan baik sehingga pelaksanaan pemilu berjalan sukses dan sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024