Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertekad kembali meraih penghargaan Adipura, dengan menjalankan program penataan lingkungan yang inovatif.

"Tahun ini kita optimistis bisa kembali meraih Adipura, karena beberapa program penataan lingkungan sudah dilakukan dengan baik," kata Plh Sekda Bangka Selatan Hepi Nuranda di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka Selatan, sudah banyak berinovasi terkait penanganan kebersihan lingkungan dan mengatasi persoalan sampah.

Inovasi yang dilakukan mulai dari bank sampah, budi daya maggot, TPS3R di Desa Rias, mesin pemilah sampah dan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Para ASN Pemkab Bangka Selatan juga sudah melakukan gotong royong membersihkan saluran air serta pasir - pasir yang berada di badan jalan sepanjang dari Tugu Nanas sampai Himpang 5 Habang.

"Intinya pemerintah daerah memiliki komitmen yang kuat untuk meraih Adipura dan yang terpenting saat ini kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi dalam menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Sekda mengatakan, saat ini sudah dilakukan persiapan untuk penilaian adipura dengan turun ke beberapa titik yang nantinya menjadi objek penilaian.

"Namun demikian, saya mengajak masyarakat membudayakan hidup sehat dan bersih bukan karena persiapan Adipura," ujarnya.

Penghargaan Adipura itu hanya bentuk apresiasi saja dan yang terpenting adalah budaya hidup bersih terus tertanam di masyarakat.

"Pada prinsipnya kami ingin ada kesadaran tinggi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024