Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Riza Herdavid mengingatkan kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral dalam Pemilu 2024.

"Jangan sampai ada ASN tidak netral dan bahkan terlibat politik praktis, tentu itu ada sanksinya," kata Riza Herdavid di Toboali, Selasa.

Ia juga meminta ASN tidak mengajak masyarakat atau mengarahkan untuk memilih salah satu calon baik dalam Pileg maupun Pilpres.

"Saya pastikan apabila kedapatan ASN yang berpolitik praktis maka sanksi yang menunggu mereka," ujar bupati.

Riza Herdavid mengatakan, saat ini semua pasukan pengamanan sudah dinyatakan siap mengawal hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Peran Linmas sangat penting pada hari pencoblosan, mereka membantu aparat kepolisian dalam menciptakan situasi kondusif di TPS," ujarnya.

Riza mengimbau petugas Linmas dapat menjaga kesehatan, stamina harus tetap bugar karena pengamanan ini membutuhkan tenaga yang ekstra.

Petugas juga diminta amanah ketika menjalankan tugas dengan menjaga asas pemilu agar tetap adil, amanah serta jujur.

"Kita kuatirkan ada oknum yang sengaja bermain dengan melanggar aturan terkait pemilu yang telah ditetapkan," ujarnya.

Menurut bupati, kesehatan adalah kunci utama suksesnya dalam pengamanan pemilu tersebut dan harus mengambil pengalaman pada pemilu sebelumnya banyak para petugas yang jatuh sakit dan bahkan ada yang meninggal dunia karena faktor kesehatan.

"Jadi dengan stamina yang bugar, kesehatan yang di jaga kita bisa menjalankan tugas dengan baik dalam menyukseskan pesta demokrasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024