Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan beras cadangan pangan kepada 1.422 keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai salah satu upaya membantu warga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Beras cadangan pangan dari pemerintah pusat yang disiapkan untuk penyaluran bulan Januari 2024 mulai kemarin sudah kita salurkan secara bertahap kepada seluruh penerima manfaat. Kami berharap bisa bermanfaat membantu meringankan beban memenuhi kebutuhan hidup," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro di Pangkalpinang, Kamis.

Ia bersyukur kegiatan penyaluran bantuan pangan berjalan dengan aman, tertib dan lancar sehingga bantuan beras yang disalurkan bisa sedikit meringankan perekonomian masyarakat.

Sebanyak 1.422 KPM di Kota Pangkalpinang akan mendapatkan beras masing-masing sebanyak 10 kilogram.

"Pemerintah akan terus memberikan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dan diharapkan tepat sasaran," katanya.

Penyelenggaraan bantuan pangan beras ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 yang mengamanatkan penyaluran cadangan pangan pemerintah yang diharapkan mampu menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial dan keadaan darurat.

Selain itu, penyaluran bantuan beras juga dalam upaya pengendalian inflasi dan mendukung penstabilan harga beras di tingkat konsumen.

Berdasarkan data Badan Pangan Nasional, pemerintah berkomitmen untuk melanjutkan bantuan pangan beras di tahun 2024 dengan sasaran penerima mencapai 22.004.077 KPM di seluruh wilayah di Indonesia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024