Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 27 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 berada di wilayah kepulauan.

"Total ada sebanyak 27 TPS Pemilu 2024 yang berada di wilayah kepulauan," kata Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, 27 TPS tersebut tersebar di Pulau Seliu, Kecamatan Membalong sebanyak empat TPS, Pulau Sumedang, Kecamatan Membalong dua TPS, dan Kecamatan Selat Nasik termasuk Pulau Gresik sebanyak 21 TPS.

Dikatakannya, KPU Belitung telah mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke sejumlah TPS yang berada di wilayah kepulauan pada, Senin (12/2) atau terhitung H-2 jelang hari pemungutan suara.

"Pada hari ini kami mulai menggeser logistik Pemilu 2024 untuk wilayah kepulauan," ujarnya.

Baca juga: KPU Belitung distribusikan logistik pemilu ke wilayah kepulauan

Menurutnya, pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke wilayah kepulauan dilakukan lebih awal dengan mempertimbangkan faktor cuaca.

"Dengan kondisi cuaca seperti ini berangin dan berawan maka kami beranggapan bahwa distribusi logistik Pemilu 2024 di wilayah kepulauan sebaiknya dilakukan pada H-2," katanya.

Amir menyampaikan, pendistribusian logistik ke wilayah kepulauan tersebut menggunakan perahu (boat) setelah sebelumnya diangkut menggunakan mobil truk dari gudang penyimpanan logistik menuju pelabuhan penyeberangan.

"Paling jauh adalah ke Pulau Sumedang kalau cuaca bagus memakan waktu lima jam perjalanan laut namun apabila cuaca buruk memakan waktu lima sampai enam," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan distribusi logistik Pemilu 2024 di daerah itu dapat berjalan dengan lancar dan selamat sampai di tujuan.

"Demi keamanan kondisi logistik Pemilu 2024 yang didistribusikan ke wilayah kepulauan kami melakukan perlindungan khusus, seperti kotak suara ada dua bungkusan pertama di dalam kotak dan di luar kotak apabila terkena pecahan ombak kondisi logistik dalam keadaan aman," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024