Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, optimistis pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 berjalan lancar dan aman seiring berbagai persiapan yang telah dijalankan seluruh pihak terkait selama ini.

"Berbagai persiapan yang telah dilakukan sebelumnya sampai dengan apel pergeseran pasukan hari ini menjadi momentum untuk memastikan kesiapan dan sinergi antara aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya, kami yakin pada pelaksanaan pemilu nanti akan berjalan sesuai harapan bersama, sukses dan damai," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Senin. 

Menurut dia, Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu daerah yang dalam catatan pelaksanaan pemilu tidak pernah terjadi konflik, masyarakat tetap hidup rukun dan damai.

Bahkan, kata dia, di daerah itu tidak memiliki tempat pemungutan suara yang masuk kriteria rawan, hanya saja ada beberapa daerah yang rawan banjir.

"Yang kita khawatirkan dari faktor alam, kalau kerawanan dari dulu aman," ujarnya.

Namun dengan adanya berbagai persiapan dan antisipasi awal yang sudah dijalankan diharapkan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik, aman, dan sukses.

Salah satu persiapan yang sudah dilakukan, yaitu pengamanan yang dilakukan Polres Bangka Barat yang hari ini telah melakukan pergeseran personel menuju TPS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan Dandim yang telah menjalankan berbagai persiapan pengamanan pemilu, mudah-mudahan apa yang sudah kita ikhtiarkan memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaannya nanti,” katanya.

Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah mengatakan untuk pengamanan Pemilu 2024 telah menyiapkan sebanyak 214 personel untuk ditempatkan di TPS dan juga akan didukung 60 orang personel dari Polda Babel yang akan ditempatkan di Polsek jajaran.

"Persiapan telah kami laksanakan dengan matang untuk mendukung pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu 2024, kami berpesan agar seluruh personel menjaga netralitas dan profesionalitas serta menghindari segala tindakan dan perilaku yang kontra produktif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024