Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, mengerahkan sebanyak 28 unit armada truk untuk mendistribusikan seluruh logistik Pemilu 2024.

"Hari ini, kami mulai distribusi dan kami targetkan seluruh logistik sudah selesai dikirim ke 60 desa dan enam kelurahan pada sore hari ini," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Pelepasan logistik Pemilu 2024 dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bangka Barat Sukirman, dengan didampingi Darjiyono serta disaksikan sejumlah pejabat Forkopimda Bangka Barat dan Bawaslu Bangka Barat di Gudang Logistik Pemilu Pal3.

Dalam distribusi tersebut, seluruh armada dikawal ketat oleh pihak keamanan dari Polres Bangka Barat hingga ke lokasi tujuan.

"Instruksi dari KPU RI agar seluruh proses distribusi selesai sore hari ini, sehingga kami kerahkan 28 truk untuk mempercepat proses distribusi di 66 desa dan kelurahan yang ada di enam kecamatan," jelas Darjiyono.

Guna memastikan seluruh truk pengangkut logistik pemilu itu dalam kondisi prima dan aman, maka seluruh armada ditutup kain terpal berlapis untuk melindungi logistik saat terjadi hujan.

Sementara itu, terkait kotak suara, pengamanan yang dilakukan yaitu dengan melapisi kotak suara dengan plastik. Seluruh surat suara juga sudah dibendel dibungkus amplop dan dimasukkan ke dalam plastik pengaman.

"Kami sudah bungkus semua dengan plastik, insyaallah aman tidak basah," ujarnya.

Pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2), KPU Bangka Barat mendistribusikan sebanyak 758.170 lembar surat suara; serta 2.850 buah kotak suara dikirimkan ke 570 tempat pemungutan suara (TPS).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024