Bawaslu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka, Belitung, menerima laporan adanya satu lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di daerah itu yang roboh diterjang hujan lebat dan angin kencang.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan,  Partisipasi Masyarakat, dan Humas Panwascam Tanjung Pandan, Erwin Fauzi di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan TPS yang roboh diterjang angin kencang tersebut adalah TPS 16 Kelurahan Lesung Batang, Tanjung Pandan.

"Kejadiannya pada, Rabu (14/2) sore faktor penyebab utamanya adalah kondisi hujan lebat dan angin kencang," katanya.

Menurut dia, hujan lebat yang disertai angin kencang sempat melanda wilayah Tanjung Pandan pada, Kamis (14/2) sekitar pukul 16.00 WIB.

Hal ini menyebabkan kondisi tenda di TPS 16 Kelurahan Lesung Batang tersebut tidak mampu menampung debit air hujan yang turun sehingga mengakibatkan tenda roboh.

Disampaikannya, beruntung dalam kejadian itu logistik Pemilu 2024 aman dan berhasil diselamatkan oleh petugas KPPS ke mushola yang berada tidak jauh dari lokasi TPS.

"Karena sebelum tenda itu roboh logistik pemilu sudah dipindahkan terlebih dahulu oleh anggota KPPS," ujarnya.

Ia menjelaskan, logistik Pemilu 2024 tersebut dimasukkan ke dalam plastik besar yang sebelumnya digunakan untuk membungkus kedatangan logistik pemilu ke TPS.

"Maka logistik dimasukkan kembali ke dalam plastik besar itu sehingga dipastikan dalam keadaan aman dan tidak ada yang basah namun ditemukan ada satu amplop yang basah" katanya.

Erwin menambahkan, selanjutnya lokasi TPS di pindahkan ke sebuah mushola yang keberadaannya tidak jauh dari lokasi TPS yang roboh.

"Untuk mengantisipasi agar warga tidak masuk ke dalam lokasi TPS maka dipasang tali pembatas," ujarnya.

Selain itu, Panwascam Tanjung Pandan juga menerima sejumlah laporan adanya TPS yang dipindahkan ke lokasi yang tidak jauh dari TPS sebelumnya, guna mengantisipasi terjadinya genangan air akibat hujan deras.

"Ada yang dipindahkan ke teras rumah warga dan juga ada yang dipindahkan ke garasi rumah warga namun guna mengantisipasi masuknya air hujan," katanya.

Meskipun dipindahkan, lanjut Erwin, dipastikan proses penghitungan suara Pemilu 2024 di TPS tersebut berjalan dengan lancar.

"Proses penghitungan suara Pemilu 2024 di lokasi TPS tadi semuanya dapat berjalan lancar," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024