Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak empat orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di daerah itu sakit saat menjalankan tugas pada Pemilu 2024.

"Berdasarkan laporan dari kawan-kawan di lapangan, sampai saat ini empat orang petugas yang terpaksa harus menjalani perawatan, mereka sakit dengan penyebab berbeda," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Dwi Aprianto di Mentok, Kamis.

Empat orang petugas KPPS yang sakit tersebut, yaitu anggota KPPS TPS 003 Desa Air Belo, Kecamatan Mentok karena mengalami permasalahan aliran darah ke otak sehingga harus menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Kota Pangkalpinang.

"Petugas KPPS ini sebelumnya memiliki riwayat darah tinggi, kemarin sekitar pukul 17.00 WIB kelelahan dan diminta anggota KPPS lain untuk pulang istirahat," katanya.

Sesampai di rumah pingsan dan dilarikan ke RS Sejiran Setason Mentok, namun sampai pukul 22.00 WIB belum sadarkan diri dan terpaksa dirujuk ke Kota Pangkalpinang.

"Dia memiliki riwayat kesehatan darah tinggi, Alhamdulillah sudah mendapatkan penanganan dokter dan operasi berjalan lancar," katanya.

Selain kejadian itu, ada dua orang petugas yang mengalami kelelahan dan terpaksa mendapatkan perawatan tim kesehatan, mereka adalah satu orang petugas KPPS di TPS 06 Desa Kundi, Kecamatan Simpangteritip dan satu orang petugas KPPS TPS 02 Desa Pelangas, Kecamatan Simpangteritip.

"Dua orang ini mengalami kelelahan, saat ini sudah mendapatkan penanganan tim kesehatan dan sudah pulih," katanya.

Hal berbeda terjadi pada salah satu petugas KPPS TPS 14 Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga yang terpaksa dirawat karena dipatuk ular saat mengantarkan segel dari PPS menuju TPS.

"Dia dipatuk ular tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB, di tengah perjalanan dia dipatuk ular pada bagian kaki kiri dan langsung dilarikan ke rumah sakit," katanya.

Pada pelaksanaan Pemilu 2024, KPU Kabupaten bangka Barat merekrut sebanyak 3.990 orang KPPS yang ditugaskan untuk melaksanakan proses pemungutan dan penghitungan suara di 570 TPS yang tersebar di enam kecamatan.

Sampai saat ini seluruh TPS sudah selesai melakukan penghitungan suara, selanjutnya dilakukan proses pengumpulan kotak suara untuk proses rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024