Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilpres 2024 di daerah itu berjalan lancar.

"Kami pastikan pelaksanaan PSU Pemilu 2024 di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Belitung pada hari ini berjalan lancar," kata Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, PSU Pilpres 2024 di daerah itu digelar di sebanyak dua TPS yakni TPS 001 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan dan TPS 006 Desa Kembiri, Kecamatan Membalong.

"Pelaksanaan PSU di TPS ini berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari pemungutan hingga penghitungan suara," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, tingkat partisipasi pemilih yang kembali menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan PSU Pemilu 2024 di daerah itu cukup tinggi.

Ia menyebutkan, jumlah pemilih PSU Pemilu 2024 di TPS 001 Desa Air Raya yang menggunakan hak pilihan adalah sebanyak 215 pemilih terdiri dari 104 pemilih laki-laki dan 111 pemilih perempuan.

Sedangkan jumlah pemilih PSU di TPS 006 Desa Kembiri, Kecamatan Membalong sebanyak 181 pemilih.

"Partisipasi pemilih di PSU Pilpres 2024 yang berlangsung di dua TPS cukup tinggi tidak kalah jauh dengan pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari lalu," katanya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak telah menyukseskan pelaksanaan PSU Pemilu 2024.

Menurutnya, PSU Pilpres 2024 dilaksanakan karena berdasarkan rekomendasi Bawaslu Belitung melalui Panwascam Tanjung Pandan dan Panwascam Membalong terkait ditemukan adanya pemilih dengan KTP elektronik luar daerah yang menggunakan hak pilihnya tanpa mengurus formulir pindah memilih.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak atas terselenggaranya PSU Pilpres 2024 sehingga dapat berjalan lancar, sukses, dan kondusif," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024