Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan gerakan tanam tanaman buah di kawasan ruang publik, guna meningkatkan produksi buah lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kita lebih meningkatkan penanaman tanaman buah-buahan di tempat-tempat publik," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan penanaman pohon buah-buahan ini sebagai bagian Program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel), guna mengurangi ketergantungan pasokan buah-buahan impor untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah masyarakat.

"Hari ini kita juga akan menanam berbagai tanaman buah-buahan, sehingga dua hingga tiga tahun kedepannya tanaman ini sudah berbuah banyak," katanya.

Baca juga: Polda Bangka Belitung tanam 2.200 bibit kayu putih dan buah di lahan kritis

Ia menyatakan dalam mendukung kegiatan penanaman buah-buahan ini, Pemprov Kepulauan Bangka Belitung telah mempersiapkan bibit mangga, durian, jeruk, rambutan dan lainnya untuk disalurkan kepada masyarakat.

"Dalam setiap kegiatan di masyarakat, kita akan melakukan penanaman buah-buahan di ruang-ruang publik yang masih kosong tanamannya," katanya.

Menurut dia jika produksi buah lokal ini naik, tentunya bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. Masyarakat mudah memperoleh buah-buahan segar dengan harga terjangkau untuk pemenuhan gizi dan vitamin keluarganya.

"Kami berharap masyarakat mendukung program ini dengan ikut menjaga dan memelihara tanaman buah-buahan yang telah ditanam di ruang-ruang publik ini," katanya.

Baca juga: PT Timah menanam ratusan bibit pohon buah di Pulau Kundur kurangi polusi

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024