Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi membantu pembangunan jalan untuk mendukung pengembangan Kawasan Industri Pelabuhan Terpadu Tanjungular, Mentok.

"Untuk merealisasikan rencana tersebut, kita telah melakukan pertemuan dengan Asisten Deputi Sementara Industri Pendukung Infrastruktur Kemenkomarves Andi Yulianti Ramli dan Kepala Bidang Infrastruktur Perkotaan," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Jumat.

Dalam pertemuan itu, kata dia, tim Pemkab Bangka Barat menyampaikan beberapa rencana tentang pembangunan KIPT Tanjungular, salah satunya rencana pembangunan jalan dari Desa Airlimau menuju KIPT Tanjungular. 

"Pada intinya kami meminta pihak Kemenkomarves untuk mendukung pembangunan jalan Airlimau-Tanjungular sehingga dapat segera terwujud," ujarnya.

Untuk membangun jalan dengan panjang sekitar 18 kilometer tersebut Pemkab Bangka Barat mengalami kendala anggaran sehingga dibutuhkan dukungan Pemerintah Pusat, terutama dari Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dengan adanya jalan tersebut diyakini dapat memajukan dan meningkatkan perekonomian di wilayah sekitar, dan dapat memangkas waktu tempuh menuju KIPT Tanjungular.

"Apabila jalan ini ada dan sudah terkoneksi dengan KIPT Tanjungular, akan banyak memunculkan pemukiman baru, pusat ekonomi dan juga memajukan pariwisata," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka Barat, Novianto mengatakan saat ini sarana dan prasarana awal pendukung jalan sudah disiapkan.

"Masih membutuhkan sentuhan sedikit lagi agar jalan menuju KIPT segera terwujud, harapan kita bisa direalisasikan tahun ini," kata Novianto.

Pada Februari 2021, Pemkab Bangka Barat bersama Kodim 0431/BB telah melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan membuka jalan menuju dari Desa Airlimau menuju Pelabuhan Tanjungular.

Pembangunan jalan dengan lebar antara 15 hingga 30 meter yang melewati tiga desa tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam mendukung rencana pembangunan Pelabuhan Tanjungular yang berada di Desa Airputih, Mentok.

Selain para prajurit Kodim 0431/BB, TMMD di lokasi itu juga melibatkan unsur TNI Angkatan Laut, serta bantuan setingkat peleton dari Zeni dan Kepolisian.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024