Sebanyak 500 umat Hindu di Dusun Balitung, Desa Pelepak Puteh, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merayakan Hari Raya Galungan dengan damai dan penuh khidmat.

Ketua Desa Adat Giri Jati, I Nengah Duniarta di Sijuk, Rabu mengatakan kegiatan persembahyangan Hari Raya Galungan terpusat di Pura Puseh, Desa Adat Giri Jati yang dipimpin langsung oleh Pinandita Ida Bagus Putu Anom.

"Kegiatan ibadah persembahyangan Hari Raya Galungan dimulai pukul 09.00 WIB dengan diikuti oleh sekitar 500 umat," katanya.

Menurut dia, Hari Raya Galungan dilaksanakan setiap 210 hari sekali berdasarkan penghitungan kalender Bali (penanggalan pawukon).

Ia menambahkan, Hari Raya Galungan diperingati guna merayakan kemenangan "dharma" (kebaikan) melawan "adharma" (kejahatan).

"Kejahatan dalam hal ini adalah hawa nafsu yang ada di dalam diri manusia," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengucapkan selamat merayakan Galungan kepada seluruh umat Hindu di daerah itu.

Ia menyampaikan, dalam waktu dekat akan berlangsung perayaan Hari Raya Nyepi, masyarakat diminta untuk mulai mempersiapkan diri dan mulai melakukan gotong royong sebagai persiapan upacara "pengerupukan" dan "nyepi".

"Maka dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi sebentar lagi maka masyarakat kami minta untuk mulai gotong royong pada Selasa depan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024