KPU Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 untuk tingkat kabupaten di Gedung Majapahit Unit Metalurgi Mentok.

"Kami mulai melaksanakan rekapitulasi hari ini (29/2) dan ditargetkan besok (1/3) sudah selesai, pada rapat ini kita tidak ada lagi pengulangan tahapan yang telah dilaksanakan PPK maupun tingkat KPPS," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Mentok, Kamis.

Menurut dia, rekapitulasi tingkat kabupaten ini hanya menyandingkan data dari hasil rekapitulasi yang sudah dilaksanakan di tingkat kecamatan.

Setelah rekapitulasi ini selesai dilaksanakan, maka KPU Kabupaten Bangka Barat akan menyampaikan secara terbuka hasil rekapitulasi yang sudah dijalankan melalui media sosial resmi milik KPU, ditempelkan di Kantor KPU, dan dibagikan kepada para saksi dari partai politik.

"Selanjutnya setelah rekapitulasi tingkat kabupaten ini selesai, maka kami akan mengantarkan hasilnya ke KPU Provinsi Babel untuk proses rekapitulasi di tingkat provinsi,” katanya.

Ia mengatakan kemungkinan besar rapat rekapitulasi di tingkat kabupaten akan selesai tepat waktu dan tidak ada kendala karena berdasarkan proses di tingkat TPS dan kecamatan seluruhnya berjalan lancar dan damai.

"Terkait ada beberapa saksi parpol dan pasangan calon presiden-wakil presiden yang tidak bersedia tanda tangan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, itu hak para saksi," katanya.

Menurut dia, hal tersebut tidak akan berpengaruh rekapitulasi tingkat kabupaten karena jumlah saksi yang tidak memberikan tanda tangan sangat sedikit, dan jika dilihat dari permasalahan juga tidak signifikan.

"Kami yakin di tingkat kabupaten ini rekapitulasi akan berjalan dengan baik dan tidak ada masalah, asalkan tidak menambah atau mengurangi hasil suara," katanya.

Selain tidak ada permasalahan di tingkat kecamatan dan TPS, dugaan kecurangan pada pelaksanaan pemilu kali ini juga tidak ditemukan, seluruh proses berjalan aman dan lancar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024