KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat pleno terbuka untuk penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, guna menentukan perolehan suara peserta pesta demokrasi tahun ini yang berjalan kondusif dan damai.

"Kami menargetkan Jumat (8/3/2024) rapat pleno penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara ini selesai," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Babel Husin usai membuka rapat pleno di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon presiden, DPD, DPR RI, DPRD tingkat provinsi, kabupaten dan kota Pemilu 2024 di tujuh kabupaten kota se-Provinsi Kepulauan Babel yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Alhamdulillah penghitungan perolehan suara yang dilakukan secara berjenjang mulai dari kecamatan dan kabupaten, kota telah selesai dengan aman, lancar dan tertib,"katanya.

Ia menyatakan sebelum rapat pleno penetapan perolehan suara tingkat provinsi, KPU Provinsi Kepulauan Babel telah melakukan konsolidasi dan berkoordinasi dengan KPU kabupaten/kota dan Bawaslu.

"Konsolidasi ini untuk mengetahui kekeliruan perolehan suara dan di forum inilah Bawaslu, para saksi serta partai politik untuk memperbaiki perolehan suara yang dinilai keliru," katanya. 

Menurut dia proses pemilu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjalan tertib, lancar dan ini mencerminkan kedewasaan politik serta semangat berdemokrasi yang kuat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas KPU, Bawaslu, saksi dari partai politik dan masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya memilih capres, caleg sesuai hati nurani," ujarnya.

Ia mengajak seluruh pihak untuk selalu menjaga semangat kebersamaan, menghormati perbedaan pendapat dan menghargai hasil pemilu yang nanti diumumkan KPU Pusat.

"Mari kita lanjutkan semangat pemilu ini dengan berintegritas dan bertanggung jawab dan kedamaian demi menjaga keutuhan negara ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024