KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak suara memilih calon presiden dan calon legislatif pada Pemilu 2024 di atas 85 persen atau tinggi, karena semangat berdemokrasi masyarakat yang kuat.

"Tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih pemilu tahun ini tidak jauh beda dengan hasil pemilu 2019 yaitu di atas 85 persen," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Babel Husin usai membuka rapat pleno di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan hasil penghitungan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Kepulauan Babel mencatat tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih memilih capres dan caleg peserta Pemilu 2024 di atas 85 persen.

"Meski belum ditetapkan KPU Pusat, namun kita memperkirakan tingkat partisipasi masyarakat Provinsi Kepulauan Babel masih di atas 85 persen," ujarnya.

Ia menyatakan proses pemilu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjalan tertib, lancar dan ini mencerminkan kedewasaan politik serta semangat berdemokrasi yang kuat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas KPU, Bawaslu, saksi dari partai politik dan masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya memilih capres, caleg sesuai hati nurani," ujarnya.

Ia mengajak seluruh pihak untuk selalu menjaga semangat kebersamaan, menghormati perbedaan pendapat dan menghargai hasil pemilu yang nanti diumumkan KPU Pusat.

"Mari kita lanjutkan semangat pemilu ini dengan berintegritas dan bertanggung jawab dan kedamaian demi menjaga keutuhan negara ini," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024