Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Baturusa Cerucuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di lahan seluas 1,7 hektare di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala BPDAS Baturusa Cerucuk, Muchtar Effendi di Pangkalpinang, Kamis (7/3), mengatakan bibit yang ditanam berjenis mangga 100 batang, jambu kristal 100 batang, jambu citra 90 batang, sawo 50 batang, durian 10 batang, kelengkeng 50 batang, nyatoh 50 batang, pelawan 25 batang, dan jengkol 25 batang. Dan bibit 500 batang berasal dari persemaian sederhana BPDAS Baturusa Cerucuk.

"Lokasi penanaman ini merupakan lokasi kegiatan RHL sekaligus tempat wisata hutan pelawan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya.

Kegiatan pelaksanaan penanaman pohon serentak ini bukan merupakan kelanjutan dari inisiatif serupa yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 30 Desember 2023, 14 Januari 2024, dan 7 Februari 2024. 

Dan pada hari ini tanggal 7 Maret 2024 merupakan pelaksanaan keempat dari keseluruhan rangkaian penanaman pohon serentak sekaligus memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-41 tanggal 16 Maret 2024 dan wujud langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon di seluruh wilayah Indonesia sepanjang musim penghujan. 

"Kita patut bersyukur bahwa Indonesia memiliki potensi dan sumberdaya lahan basah yang begitu melimpah. Untuk itu mari kita tanamkan harapan masa depan hijau yang berkelanjutan melalui partisipasi aktif seluruh pihak dan masyarakat dalam meningkatkan aksi konkret ini agar terwujudnya dunia yang lebih baik dan berkelanjutan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024