Bawaslu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengevaluasi hasil pengawasan Pemilu 2024 melalui kegiatan Apel Siaga Pengawasan Hasil Pelaksanaan Pemilu 2024.

"Apel siaga pengawasan hasil pelaksanaan Pemilu 2024 kami gelar dalam rangka evaluasi pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Anggota Bawaslu Bangka Belitung, Jafri di Tanjung Pandan, Jumat.

Pelaksanaan kegiatan Apel Siaga Hasil Pengawasan Pemilu 2024 dilaksanakan di kawasan wisata pantai Tanjungpendam, Belitung.

Apel diikuti oleh seluruh jajaran anggota Bawaslu se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga anggota Panwascam, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), dan Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Ia mengatakan, evaluasi hasil pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024 menjadi pembelajaran dan acuan guna menyongsong pelaksanaan Pilkada serentak di daerah itu dalam waktu dekat sehingga menjadi lebih baik.

"Apel ini juga kami laksanakan dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Menurut dia, selama berlangsungnya tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, jajaran kabupaten/kota telah melakukan tugas dan kerja pengawasan dengan semaksimal mungkin.

"Mulai dari pembentukan jajaran ad hoc kita di tingkat kecamatan, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), masa kampanye, tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 sampai pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi," katanya. 

Disampaikan Jafri, pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024 di daerah itu secara umum berjalan lancar meskipun pihaknya tetap menerima sejumlah laporan dugaan pelanggaran dari masyarakat.

"Mulai dari proses tahapan pencalonan kami sudah melakukan dua sidang ajudikasi terhadap bakal calon anggota legislatif di Belitung dan Bangka Barat. Kami juga menerima laporan pelanggaran administrasi dan pelanggaran lainnya," ujar Jafri.

Selain itu, lanjut dia, Bawaslu Babel juga memberikan catatan dan hasil evaluasi terhadap pengawasan logistik Pemilu 2024 seperti terjadinya kejadian kekurangan logistik dan kelebihan logistik Pemilu 2024.

"Untuk logistik pemilu kami banyak menemukan seperti terjadinya kekurangan logistik maupun kelebihan logistik khususnya surat suara, kemarin sudah kami sampaikan di dalam forum rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024