Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan peran usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) untuk menciptakan peserta didik yang sehat.

"Kita harus memulai hidup sehat itu dari sekolah, maka peran UKS/M ini terus kita tingkatkan sebagai motor penggerak dalam mengajak dan menciptakan kebiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Usai menghadiri acara gebyar edukasi usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M), bupati berkomitmen mendukung penuh semua kegiatan UKS/M untuk menghasilkan anak-anak sehat.

"Ini adalah upaya kita bersama dalam membangun kesehatan yang baik di masyarakat, dan kita awali dari sekolah karena kita menanamkan kebiasaan baik sejak dini di sekolah," katanya.

Bupati berharap sebanyak 175 peserta dalam kegiatan tersebut mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dalam mengembangkan UKS/M di tempat masing-masing.

"Tentu saja kegiatan ini dapat menambah ilmu dan wawasan, sehingga para pengurus UKS/M lebih terukur dalam menunaikan tugas mulianya," kata bupati.

Ketua TP-UKS/M Bangka Tengah Eva Agafry mengajak seluruh peserta untuk meningkatkan kolaborasi agar fungsi UKS berjalan sebagaimana mestinya.

"Kita perlu tingkatkan kerja sama, saling mendukung, bertukar pikiran dan berbagi pengalaman demi meningkatnya kualitas kesehatan," katanya.

Ia juga berharap kegiatan ini mampu memompa semangat para pengurus UKS/M dalam membantu pemerintah, sebagai upaya membangun kesehatan masyarakat dengan menanamkan kebiasaan dan budaya sehat sejak dini pada anak sekolah.

"Melalui kegiatan ini kita tentu berharap pengurus UKS/M di sekolah khususnya dapat melakukan penilaian terhadap UKS-nya masing-masing," katanya.

Eva juga menekankan pentingnya pengawasan dan edukasi sejak dini kepada anak sekolah terkait kebutuhan dan asupan gizi.

"Dengan demikian, maka tercipta pola hidup sehat pada anak, yang pada akhirnya nanti mampu membantu pemerintah dalam menekan kasus stunting," kata Eva.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024