Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh warga untuk bergotong royong membersihkan kampung menyambut kehadiran bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Kami dari seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Barat mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan kampung tempat tinggal masing-masing agar suasana bulan Ramadhan semakin asri, indah dan nyaman," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Ahad.

Ia mengatakan menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu tugas yang perlu dilakukan setiap warga agar lingkungan semakin sehat, indah dan nyaman untuk ditinggali.

Selain menambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa, dengan lingkungan yang terjaga, kebersihannya juga akan bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.

"Kita telah menjalankan beberapa kali kegiatan bersih kampung bersama warga, kemarin kita laksanakan di Kampung Tanjung," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan itu agar masyarakat peduli lingkungan, terutama di musim penghujan.

Menurut dia, musim pancaroba saat ini, berisiko menimbulkan banyak penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah menimpa sejumlah warga di daerah itu.

"Penyebaran penyakit ini hanya bisa diantisipasi dengan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang bersih," katanya.

Selain itu, melalui kegiatan gotong royong bersama warga ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat kebersamaan, kekompakan dan menjaga tali silaturahim, terutama pada saat menjelang bulan suci Ramadan.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming pada kesempatan itu menyempatkan diri untuk menjenguk salah satu warga yang sedang sakit dan meminta petugas kesehatan untuk segera melakukan penanganan.

Melalui kegiatan tatap muka langsung dengan warga akan memberikan dampak positif untuk meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat dan berbagai kejadian yang ditemukan di tengah warga bisa segera ditindaklanjuti.*

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024