Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan satu juta bibit cabai, guna meningkatkan minat petani mengembangkan usaha pertanian cabai di daerah itu.

"Saat ini kita menyemaikan dan akan menyalurkan 30.000 dari target satu juta bibit cabai ke masyarakat," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdoni di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan satu juta bibit cabai gratis ini disalurkan melalui Kelompok Petani Pembibitan Cabai Air Mesu Kabupaten Bangka Tengah, sebagai langkah Pemprov Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan produksi cabai lokal dan kesejahteraan petani di daerah ini.

"Penyaluran satu juta bibit tahap pertama gratis, setelah itu silahkan kelompok petani ini menjual cabai dengan harga terjangkau kepada masyarakat," katanya.

Menurut dia penyaluran bantuan satu juta bibit gratis ini guna mendukung program Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Syafrizal ZA yaitu Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung "Semarak" yang difokuskan tanaman sebagai penyumbang inflasi.

"Anggaran bantuan bibit cabai ini bersumber dari APBN, APBD provinsi, kabupaten dan kota serta swadaya masyarakat yang diberikan slogan "Semarak"," ujarnya.

Ia menyatakan dalam mengoptimalkan program semarak ini, pemerintah provinsi tidak hanya memberikan bantuan bibit tetapi juga melatih para petani agar produksi cabai dan tanaman penyumbang inflasi lainnya lebih banyak untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

"Bagi petani yang ingin mendapatkan bibit cabai ini silah ambil sendiri, karena tidak ada biaya mendistribusian bibit tersebut," katanya.

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024