Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 2.000 lebih pencari kerja di Provinsi Bangka Belitung mendaftar pelatihan ke Balai Latihan Kerja (BLK) milik dinas tenaga kerja dan transmigrasi daerah itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didik Suprapto di Pangkalpinang, Senin, mengatakan para pencari kerja tersebut mendaftar ke BLK tanpa dipungut biaya sama sekali.

"Para pencari kerja yang mendaftar untuk pelatihan di BLK ini gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Jika ada agen yang mengaku dari dinas ini untuk memungut biaya pelatihan itu tidak benar," katanya.

Ia mengatakan, para pencari kerja yang sudah mendaftar tersebut akan langsung dipanggil pihaknya untuk dilakukan seleksi berupa wawancara untuk mengetahui minat dan bakat mereka.

"Dari 2.000 pendaftar tersebut nantinya akan diseleksi kembali dan dipanggil berdasarkan daftar urut. Mereka nantinya akan diwawancara untuk mengetahui bakatnya dan akan diberikan pelatihan sesuai dengan jurusan yang akan mereka tekuni nanti," ujarnya.

Dikatakannya, para peserta yang mengikuti pelatihan dalam satu jurusan terdiri dari 16 orang, di mana dalam BLK tersebut terdapat limau kejuruan sembilan jurusan.

"Beberapa jurusan yang terdapat di BLK di antaranya otomotif, las, jahit, listrik, elektronita, IT, boga dan lainnya. Nanti mereka bisa memilih sendiri mau ikut pelatihan jurusan mana," katanya.

Ia menyebutkan, setiap tahun pihaknya bisa memberikan latihan kepada 700 orang, hal itu di karenakan terbatasnya anggaran yang mereka miliki, sehingga para pencari kerja yang akan ikut pelatihan akan diseleksi sebaik mungkin.

"Mereka nantinya akan melakukan pelatihan delapan jam per hari selama satu bulan penuh. Nantinya hasil dari mereka menjalani pelatihan akan mendapatkan sertifiat BLK," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016