Pangkalpinang (Antara Babel) - Stok beras di gudang distributor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 4.750 ton, atau cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat empat bulan ke depan.

"Kami jamin stok cukup dan harga beras akan terus stabil," kata Kasi Pengadaan dan Penyaluran Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Marhoto di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan hasil pantauan dalam sepekan terakhir ini stok beras 4.750 ton tersebar di 11 gudang distributor yaitu PT. Bina Purnama Bersama 500 ton.

Stok beras di gudang Bangka Alam Sejahtera 400 ton, CV Cahaya Abadi 65 ton, Akon 200 ton, Bulog 2.200 ton, toko Hartono 25 ton, Kim Nyuk 30 ton, UD Mayar Jaya Belitung 400 ton, CV AS 30 ton, PT Globus Internusa Belitung 300 ton, Kansilog Belitung 600 ton.

"Harga beras masih bertahan normal, seiring permintaan masyarakat masih stabil," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini harga beras merek 118 dan AAA bertahan Rp11.200 per kilogram, RM bertahan Rp11.400 per kilogram dan TR bertahan normal Rp11.400 per kilogram,
    
"Diperkirakan permintaan dan harga beras menjelang Idul Adha akan terus bertahan normal, karena pasokan beras dari sentra produksi di Pulau Jawa dan Sumatera lancar," ujarnya.

Menurut dia, dalam memenuhi kebutuhan beras masyarakat, pemerintah daerah masih mengandalkan pasokan dari luar, karena hasil padi petani lokal yang masih kurang.

"Kami berharap distributor untuk terus meningkatkan pasokan beras, guna mengantisipasi kenaikan harga yang akan memberatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016