Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengurangi jam belajar setiap mata pelajaran selama Ramadhan 2024.

"Kegiatan belajar mengajar selama bulan Ramadhan ini kita kurangi 10 menit per mata pelajaran," kata Kepala Disdikbud Kota Pangkalpinang Erwandy di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pengurangan jam belajar selama bulan Ramadhan ini berdasarkan Surat Edaran Disdikbud Kota Pangkalpinang Nomor 800/818/Dikbud/III/2024 tentang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tingkat SD, SLTP dan sederajat selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh satuan pendidikan se-Kota Pangkalpinang untuk mengurangi jam belajar siswa selama Ramadhan ini," katanya.

Ia mengatakan jam belajar normal tingkat SD dan SMP selama 45 menit dan jika dikurangi 10 menit maka menjadi 35 menit per mata pembelajaran.

"Masuk sekolah juga diundur setengah jam. Biasanya siswa masuk sekolah pukul 07.00 WIB selama Ramadhan menjadi pukul 07.30 WIB," ujarnya.

Sementara itu, pulang sekolah dipercepat selama 30 menit hingga satu jam tergantung kelasnya. Misalnya kelas rendah atau kelas satu dan dua untuk tingkat SD dipercepat setengah jam dan kelas tinggi atau kelas 3, 4, 5, dan 6 dipercepat satu jam.

"KBM ini dimulai Kamis (14/3) di seluruh satuan pendidikan di Kota Beribu Senyuman ini," katanya.

Ia mengatakan untuk libur Hari Raya Idul Fitri nanti pada 4-15 April 2024.

"Kami meliburkan KBM dalam rangka menyambut lebaran ini pada 4-15 April dan siswa mulai masuk sekolah tanggal 16 April 2024," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024