Pejabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal berpendapat bulan Ramadhan yang penuh berkah menjadi momentum penting bagi umat Muslim untuk meningkatkan persaudaraan.

"Rasa persaudaraan yang erat akan membangun jiwa sosial yang tinggi di tengah masyarakat sehingga tercipta situasi yang aman, kondusif," ujarnya
saat menggelar Safari Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Agung Sungailiat di Bangka, Jumat.

Bulan Ramadhan yang mewajibkan seluruh umat Muslim berpuasa selama satu bulan penuh, katanya, menjadi dimensi edukasi ibadah sekaligus mengajarkan untuk merasakan kondisi mereka yang hidup dalam kekurangan.

Ia mengatakan Safari Ramadhan di Masjid Agung Sungailiat merupakan agenda safari yang pertama kali sebelum dilanjutkan agenda yang sama di daerah lain.

"Kegiatan safari ini pula merupakan salah satu cara membangun silaturahmi antara kepala daerah dengan masyarakat yang ada di daerah," katanya.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menjadwalkan dua kali kegiatan di masing-masing kabupaten/kota selama bulan Ramadhan, yakni Shalat Tarawih berjamaah dan acara sahur bersama.

Ia mengatakan kegiatan keagamaan menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahkan telah menyediakan alokasi bantuan yang mencapai kurang lebih Rp60 miliar.

"Dana kesejahteraan untuk membantu kegiatan keagamaan sebesar kurang lebih Rp60 miliar itu akan disalurkan di masing-masing daerah dengan besaran akan disesuaikan," katanya.

Dia mengatakan dana kesejahteraan kegiatan keagamaan yang alokasikan itu terbilang besar dibandingkan dengan daerah lain selama dirinya dipercaya menjadi pejabat gubernur.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024