Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60.

"Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas ketakwaan warga binaan kepada Allah SWT," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Harun Sulianto di Pangkalpinang, Minggu malam.

Ia mengapresiasi lomba MTQ dalam menyemarakkan peringatan HBP ke-60 yang diikuti warga binaan permasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Kota Pangkalpinang, karena dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan WBP selama puasa Ramadhan ini.

"Kita berharap lomba MTQ ini tidak hanya menambah ketakwaan WBP, tetapi seluruh jajaran Kemenkumham Kepulauan Babel selama bulan suci Ramadhan ini," katanya. 

Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Badarudin mengatakan lomba MTQ yang bertepatan pada bulan Ramadhan ini bertujuan untuk mencari bakat potensial hasil dari pemberian pembinaan kerohanian kepada seluruh warga binaan.

"Pelaksanaan lomba MTQ ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada WBP, agar mereka dapat mempelajari lebih dalam  membaca Al-Quran," ujarnya.

Ia mengatakan lomba MTQ ini diikuti oleh 22 orang WBP dan selanjutnya akan diseleksi hingga terpilih 2 peserta terbaik. Dua orang peserta terbaik tersebut akan dikirim ke tingkat wilayah mewakili Lapas Pangkalpinang dalam seleksi antara WBP pada lapas atau rutan se-Bangka Belitung.

"Lomba MTQ antar WBP ini digelar di Masjid At-Taubah Lapas Pangkalpinang dan berjalan dengan baik, aman dan lancar," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024