Pengurus Masjid Agung Baiturridha Mentok, Kabupaten bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah dengan berbagai lomba islami.

"Berbagai lomba islami ini kami laksanakan untuk anak-anak mulai dari tingkat TK-PAUD, SD/MI sampai SMA sederajat dan juga lomba Hadrah Habsy tingkat umum se-Kabupaten Bangka Barat," kata Ketua Masjid Agung Baiturridha Mentok Agus Sunawan di Mentok, Senin.

Ia mengatakan berbagai lomba yang dilaksanakan mulai 15 hingga 24 Maret 2024 ini, berlangsung di lantai dasar Masjid Agung Baiturridha, Mentok, sedangkan untuk jenis lomba, yaitu lomba sambung ayat Al Quran Juz Amma dan hafalan doa sehari-hari tingkat TK/PAUD, lomba adzan dan hifdzil Quran Juz 30 tingkat SD/MI, lomba syarhil Quran tingkat SMP/MTs, lomba fahmil Quran tingkat SMA/MA dan Lomba hadrah habsy untuk umum.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan islami dan menumbuhkan kembali minat baca serta mencintai Al Quran bagi generasi Islam di tengah marak pemakaian gawai.

Ratusan peserta yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka Barat ikut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan penuh antusias dan optimisme mampu meraih hasil terbaik.

Pembina Cabang Syarhil Quran sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum An Naml Kecamatan Kelapa Ustadz Syaidudin Zuhri mengatakan kegiatan ini positif bagi generasi penerus Islam untuk mentadabburi Al Quran di bulan Ramadhan dan sebagai ajang asah mental spiritual para santri yang diasuhnya.

"Kita ingin mereka terus mengasah diri, untuk menang atau kalah bukan menjadi tujuan utama," katanya.

Kegiatan yang saat ini masih berlangsung, direncanakan diakhiri dengan acara "ifthar jama'i" dengan nganggung (sebutan lokal untuk kenduri) bersama, pengumuman pemenang, penyerahan hadiah oleh Bupati Bangka Barat dan sekaligus memperingati Nuzulul Quran yang dilaksanakan pada 30 Maret 2023.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024