Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat menjaga sikap profesional dan bertindak netral pada pemilihan kepala daerah serentak pada 2017.

"Kejujuran dan netralitas harus dijaga agar tidak ada kecurigaan dan kecurangan sehingga pilkada dapat berjalan dengan lancar," katanya di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, peran dari PPK dan PPS sangat menentukan suksesnya pelaksanakaan pilkada. Aturan dan regulasi harus benar-benar dipahami dengan baik.

"Personel PPK dan PPS benar-benar tidak pernah terlibat dalam kepengurusan partai politik serta tidak sedang menjadi anggota tim sukses pemenangan calon kepala daerah," katanya.

Menurut dia, jika ada permasalahan yang diragukan menjelang pilkada lebih baik diselesaikan dengan konsultasi ke level yang lebih tinggi.

"Komunikasi yang efektif harus benar-benar terjaga untuk meminimalisasi kejadian sekecil apapun," katanya.

Ia berharap PPK dan PPS Sebagai salah satu katup pengaman proses demokrasi akan memahami tugas dengan penuh tanggung jawab.

"PPK dan PPS harus saling bahu-membahu dalam menjalankan tugasnya, sehingga tahapan hingga waktu pelaksanaannya pilkada dapat berlangsung kondusif dan aman," katanya.

Ia berharap pilkada 2017 berjalan dengan damai tanpa ada konflik di tengah-tengah masyarakat.

"Mudah-mudahan pilkada nanti bisa menghasilkan pemimpin terbaik, amanah, dan didukung oleh semua masyarakat," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016