Kepolisian Resor Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggalakkan kegiatan patroli sahur, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam bulan suci Ramadhan.

"Kami melibatkan sejumlah personel untuk menggelar patroli sahur pada beberapa titik rawan tindak kriminal," kata Kapolres Bangka Selatan AKBP Trihanto Nugroho di Toboali, Senin.

Trihanto mengatakan, patroli sahur "on the road" untuk mencegah tindak kejahatan, gangguan kamtibmas, menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

"Patroli sahur ini dilaksanakan di sepanjang jalan protokol Kota Toboali, di antaranya jalan Raya Desa Gadung, Puput, Teladan, Jenderal Sudirman Hingga Simpang Lima Toboali," ujarnya.

Patroli ini merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan, sebagai bentuk pelayanan prima dan menciptakan rasa aman dalam bulan suci Ramadhan.

"Patroli juga untuk mengantisipasi kejahatan jalanan, seperti begal, perang sarung, sajam/senpi, petasan, balap liar, maupun pengendara yang memakai knalpot brong," ujarnya.

Kegiatan patroli, kata Trihanto, juga sebagai langkah antisipasi kejahatan dan kenakalan remaja, karena dini hari adalah jam rawan.

Melalui patroli, kata dia, kejahatan jalanan dan gangguan kamtibmas lainnya dapat diantisipasi, sehingga masyarakat menjadi tenang dan damai dalam beribadah.

"Kami berharap dengan adanya kendaraan dinas rotator yang menyala saat patroli, dapat mengurungkan niat para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksinya," ujar Trihanto Nugroho.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024