Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) secara resmi menghadirkan program Serambi 2024 yang menyiapkan penukaran uang rupiah baru untuk Idul Fitri 2024 senilai Rp1,6 triliun.

"Seluruh Bank Indonesia melaksanakan kegiatan Serambi yang mana ini menjadi agenda rutin kita setiap tahun menyiapkan penukaran uang rupiah baru untuk Idul Fitri," kata Kepala BI Babel Rommy Sariu Tamawiwy di Pangkalpinang, Rabu.

Dia menjelaskan, Semarak Rupiah Ramadhan (Serambi) merupakan pelayanan terdepan untuk melayani masyarakat dalam momen Ramadhan untuk penukaran uang rupiah baru dalam menyambut Idulfitri.

"Melalui Serambi ini BI komitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk kebutuhan uang rupiah di momen Ramadhan tahun ini," ujarnya.

Seluruh rangkaian kegiatan Serambi 2024 tersebut akan dimulai melalui kick-off semarak rupiah Ramadhan dengan pelayanan penukaran uang Bank Indonesia bersama Perbankan tersebut mengusung tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah" ini dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali, Kepala BI Babel Rommy Sariu Tamawiwy serta tamu undangan lainnya, berlangsung di Alun-alun Kota Pangkalpinang selama dua hari mulai dari 20-21 Maret 2024.

Serambi merupakan bentuk kepedulian BI dalam rangka mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan wujud perhatian BI untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat.

Lanjut Rommy menjelaskan, untuk penukaran uang rupiah baru ini BI melihat sejumlah bank umum hingga ke kabupaten dan kota dan juga turut membuka layanan dengan kas keliling.

"Uang rupiah baru yang kami siapkan untuk lebaran 2024 ini senilai Rp1,6 Triliun, yang tersebar di 15 titik kas keliling di Bangka Belitung yang sudah kami edarkan ke berbagai Bank yang ada di Provinsi Kepulauan Babel dan kami juga membuka layanan kas keliling," jelasnya.

Disamping itu Bank Indonesia menjamin uang layak edar dengan bandingan uang lusuh, uang rusak dan uang layak edar.

"Ini menjadi program keberhasilan yang di lakukan BI, dimana masyarakat Indonesia untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah," pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Babel Safrizal ZA mengatakan program Serambi sendiri merupakan wujud komitmen dari Bank Indonesia (BI) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai dalam rangka Ramadan dan Idul Fitri 2024.

"Kami menyambut baik acara ini. khususnya dalam mendukung aktivitas ekonomi, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menukarkan uang pada kebutuhan Idul Fitri 2024," katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024