Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan persiapan untuk menyukseskan pelayanan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah agar berjalan lancar, aman dan selamat.

"Kita telah melakukan persiapan awal dengan melakukan evaluasi pelayanan tahun sebelumnya agar bisa menjadi bahan perbaikan untuk pelayanan kepada para pelaku perjalanan di tahun ini," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Bangka Barat Juswardi di Mentok, Rabu.

Sebagai langkah awal dalam peningkatan pelayanan bagi pelaku perjalanan mudik lebaran kali ini sudah dilaksanakan beberapa kali rapat, di antaranya dengan seluruh unsur Forkopimda dan Balai Pelayanan Transportasi Darat (BPTD).

Selain itu, Pemkab bangka Barat juga akan kembali memanfaatkan salah satu bagian lahan di kawasan Pantai Baturakit untuk dijadikan sebagai tempat parkir sementara kendaraan yang akan masuk ke kawasan Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Penyediaan tempat parkir sementara kendaraan roda empat ini sebagai upaya mencegah adanya antrean kendaraan di tepi jalan yang bisa mengakibatkan kecelakaan," katanya.

Untuk penyediaan layanan itu, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak ASDP Pelabuhan Tanjungkalian sehingga pelayanan bisa berjalan lancar, tertib dan aman.

Setiap tahun Pelabuhan Tanjungkalian Mentok yang menjadi pintu keluar-masuk utama pelaku perjalanan mudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun pejalan kaki dari Pulau Bangka ke Sumatera.

"Kita perkirakan puncak arus mudik akan terjadi sekitar tujuh hari sebelum Idul Fitri 1445 Hijriah karena bertepatan dengan hari libur sekolah dan cuti bersama," katanya.

Pada puncak mudik tersebut diperkirakan akan terjadi antrean calon penumpang yang cukup panjang, baik kendaraan roda empat, sepeda motor maupun calon penumpang pejalan kaki.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024