Polisi Resor (Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan pengawasan pelabuhan menjelang arus mudik lebaran 2024 guna mencegah kemungkinan peredaran narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain masuk ke daerah itu.

"Peningkatan pengawasan ini kami lakukan dengan menyiagakan personel di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok karena pelabuhan tersebut merupakan jalur utama keluar masuk penumpang dan kendaraan yang menghubungkan Pulau Bangka-Sumatera," kata Kepala Satuan Resnarkoba Polres Bangka Barat Iptu Budi Prasetyo di Mentok, Senin.

Selain meningkatkan pengawasan di pelabuhan utama, kata dia, pihaknya juga secara rutin dan berkala melakukan patroli di pelabuhan-pelabuhan kecil yang ada di daerah itu.

Ia mengatakan pada momentum arus mudik lebaran tahun sebelumnya tidak ditemukan penumpang yang membawa narkoba, namun tidak menutup kemungkinan pada tahun ini akan dimanfaatkan oleh para pengedar untuk mencoba memasukkan barang haram tersebut ke Pulau Bangka.

"Ini merupakan bentuk keseriusan kita dalam mengantisipasi agar barang-barang tersebut tidak masuk ke wilayah Bangka Belitung, khususnya ke Bangka Barat," katanya.

Selain peningkatan pengawasan dan patroli berkala, kata Budi, pihaknya juga melakukan sosialisasi bahaya narkotika dan upaya pencegahan peredaran kepada para sopir dan penumpang angkutan.

Ia mengimbau masyarakat untuk berani melaporkan kepada pihak kepolisian, jika menemukan barang-barang yang mencurigakan dan mengarah ke narkoba.

"Peredaran dan penyalahgunaan narkoba ini tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu kami minta masyarakat ikut proaktif memberikan informasi kepada petugas jika ada dugaan peredaran atau penyalahgunaan narkoba agar bisa segera ditindaklanjuti," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024