Koba (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menginventarisasi sejumlah jembatan yang terbuat dari besi di Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah untuk dibangun menjadi jembatan permanen yang terbuat dari beton.

"Pembangunan jembatan itu memang menjadi kewenangan Pemprov Babel. Sudah diinventarisasi namun sampai sekarang belum dibangun karena masih menunggu anggaran," kata Kepala Dinas PU Kabupaten Bangka Tengah, Hassan Basri di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, jembatan besi tersebut dibangun PT Koba Tin untuk akses transportasi antardesa bagi warga di Kecamatan Lubuk Besar.

"Memang ada beberapa jembatan yang masih terbuat dari besi dan mestinya sudah dibangun dari beton dan itu kewenangan Pemprov Babel. Kapan dibangun menjadi jembatan beton silakan tanya provinsi," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa jembatan yang terbuat dari besi di Kecamatan Lubuk Besar yaitu jembatan Dusun Nadi, Kayu Arang, Lubuk Lingkuk dan Perlang.

"Memang sebagian sudah ada yang diganti menjadi jembatan beton, mungkin yang lain menyusul karena harus dilakukan bertahap," ujarnya.

Ia juga mengatakan sejumlah jembatan lainnya yang rusak akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu sudah dilakukan pembangunan kembali oleh Pemprov Babel.

"Sekarang sedang tahap pengerjaan, memang masih dalam kondisi darurat kami kami menyarankan diberi tanda titik jembatan yang rusak untuk menghindari kecelakaan lalulintas," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016