Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera melakukan rekrutmen anggota dan petugas sekretariat anitia pemilihan kecamatan (ppk) dan panitia pemungutan suara (pps) yang akan bertugas pada pelaksanaan Pilkada 2024.

"Sebagai langkah awal, pada April 2024 akan segera melakukan rekrutmen ppk dan pps, sedangkan untuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps), menyusul saat mendekati pelaksanaan pilkada yang akan digelar 27 November 2024," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Dwi Aprianto di Mentok, Selasa.

Menurut dia, proses rekrutmen anggota penyelenggara di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa tersebut penting dilakukan lebih awal karena akan membantu tugas penyelenggara dalam persiapan penyusunan data pemilih.

"Rekrutmen ppk dan pps ini ada kaitannya dengan persiapan penyusunan data pemilih untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024," ujarnya.

Dalam penyusunan DPT Pilkada 2024 tersebut, pihaknya akan tetap menjalankan tugas sesuai aturan dengan berpedoman pada data penduduk potensial pemilih (dp4) yang nanti akan diterbitkan pemerintah.

DP4 adalah data yang disediakan oleh pemerintah berisikan data penduduk yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih pada pelaksanaan Pilkada 2024, dijadwalkan penyerahan data ini dari pemerintah ke penyelenggara pemilu antara 24 April hingga 31 Mei 2024.

"Dari data tersebut kita akan melakukan verifikasi ulang di lapangan dengan mengerahkan para petugas ppk dan pps," ujarnya.

Dari hasil verifikasi ulang tersebut akan menjadi pedoman bagi penyelenggara untuk menetapkan DPT Pilkada 2024.

Selain melakukan verifikasi pemilih di wilayah kerja masing-masing, para petugas di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan ini juga akan ikut menentukan pengambilan kebijakan terkait jumlah tempat pemungutan suara (tps).

"Peran ppk dan pps pada tahap persiapan ini penting sehingga kita membutuhkan mereka dari awal, saat ini kita masih menunggu petunjuk teknis pola rekrutmen ppk dan pps, apakah melanjutkan petugas yang sudah bertugas pada Pemilu 2024 kemarin dengan pola evaluasi, atau melakukan rekrutmen ulang," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024