Reika Renata, gadis kelahiran 22 September 2007 berasal dari Kampung Kemangmasam, Desa Airputih, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, menjadi salah satu dari tiga orang pemain sepakbola putri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bersaing dalam seleksi pembentukan Timnas U17 Putri Indonesia yang disiapkan untuk mengikuti Turnamen AFC U17 Women's Asian Cup 2024, 6-19 Mei 2024 di Indonesia.

Kepastian mengikuti seleksi Timnas Putri Indonesia U17 ini berdasarkan surat pemanggilan seleksi yang diterbitkan PSSI Nomor:1287/PGD/167/111-2024 yang ditandatangani Sekjen PSSI Yunus Nusi. 

Reika dipanggil seleksi timnas bersama Allya Putri Afianti (Belitung Timur) dan Regina Puspa Dari (Bangka Selatan).

Reika yang saat ini masih menempuh sekolah tingkat atas di SMKN 1 Mentok, selama ini giat berlatih dan mampu menjadi salah satu kiper andalan untuk tim putri di sejumlah turnamen, bahkan saat ini tergabung dalam Tim Sepakbola Putri Babel yang disiapkan untuk PON di Sumut-Aceh 2024.

Pelatih kiper Tim PON Sepakbola Putri Babel, Dedy Friady, mengatakan sebelum pemanggilan seleksi timnas tahap dua ini, Reika Renata dan empat pemain Babel lainnya sempat mengikuti seleksi nasional di Provinsi Lampung pada 8 Maret 2024.

Menurut Coach Dedy, Reika memang memiliki bakat menjadi seorang kiper, dengan latar belakang pemain voli memberikan dia kemampuan dasar permainan untuk menjadi kiper, pertama dalam tangkapan, kekuatan memegang bola dan juga dalam lompatan.

"Kemampuan ini yang menjadi modal awal sebagai seorang kiper. Mari kita dukung dan doakan agar Reika tembus timnas," katanya.

Pelatih kepala Tim PON Putri Babel Fila Hadianto menilai sejak awal Reika memiliki potensi menjadi kiper tangguh.

"Dulu sebelum dibantu Coach Dedy, Reika secara khusus dipegang oleh Coach Gaguk Setia, dari situ bakat mulai terasah dan terus berkembang," katanya.

Coach Fila sekaligus ayah dari Kapten Tim Sepakbola Putri nasional Ade Mustika merupakan pelatih asal Belitung Timur ini berharap ke depan Reika semakin berkembang dan lolos dalam seleksi nasional tahap kedua ini.

"Kami support Reika dapat lolos seleksi, dan mampu menembus skuad utama di Tim Sepakbola Putri Nasional," kata Fila.

Harapan senada juga disampaikan Coach Gaguk Setia yang saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik Asprov PSSI Babel, semoga ketiga anak yang dipanggil seleksi nasional tahap kedua dapat lolos semua dan dapat mengharumkan nama daerahnya secara khusus dan nama Bangka Belitung di kancah nasional.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024