Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat harga ikan di sejumlah pasar di kota itu naik cukup signifikan karena kurangnya pasokan.

Pantauan pada Jumat (29/7) menunjukkan harga ikan tenggiri naik menjadi Rp72.000 dari sebelumnya Rp67.500 per kilogram dan ikan kembung naik menjadi Rp40.000 dari sebelumnya Rp37.500 per kilogram, sedangkan ikan teri bertahan Rp57.500 per kilogram.

"Sepertinya nelayan tradisional sulit meningkatkan hasil tangkapan ikan tenggiri sehingga berdampak langsung terhadap harga," kata Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Disperindagkop Pangkalpinang, Eka Subehi.

Menurut dia kedua jenis ikan tersebut memang cukup sulit ditangkap karena populasinya tidak sebanyak dulu, disamping juga banyak peminatnya.

"Meskipun harganya cukup mahal namun peminatnya cukup banyak terutama tenggiri. Selain dijadikan lauk juga untuk bahan dasar makanan seperti empek-empek dan kerupuk tenggiri," ujarnya.

Sementara itu, untuk ikan teri asin produksinya cukup bagus sehingga harga tetap bertahan.

"Semoga saja ke depannya hasil tangkapan ikan tenggiri dan ikan kembung dapat meningkat agar harga kembali stabil," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016