Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung mewaspadai arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di pelabuhan tikus atau tidak resmi, guna mengantisipasi kecelakaan kapal dan ngangguan keamanan selama arus mudik di daerah itu.

"Kami telah mengerahkan pasukan untuk mendeteksi masyarakat mudik di pelabuhan-pelabuhan tikus ini," kata Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pelabuhan tikus ini tidak memiliki fasilitas memadai dan tidak ada jaminan keselamatan bagi masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya.

"Ini menjadi fokus kita, jangan sampai masyarakat memanfaatkan pelabuhan-pelabuhan tidak resmi ini untuk pulang kampung merayakan Lebaran Idul Fitri tahun ini," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk mudik di pelabuhan-pelabuhan resmi yang telah disediakan pemerintah, karena pemerintah telah memfasilitasi pemudik untuk mudik dengan aman, nyaman dan selamat hingga ke kampung halamannya.

Selama arus mudik tahun ini, pemerintah daerah telah memfasilitasi pemudik di pelabuhan-pelabuhan resmi seperti Pelabuhan Pelabuhan Pangkalanbalam di Kota Pangkalpinang, Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat, Pelabuhan Tanjung Pandan di Belitung.

Selanjutnya Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu di Kabupaten Bangka dan Pelabuhan Tanjung Batu di Belitung Timur dan Pelabuhan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami akan mengawal masyarakat ini agar mereka menggunakan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan pemerintah, agar pemudik bisa mendapatkan jaminan keselamatan dalam melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024