Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penataan jalur pedestrian untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

"Beberapa titik jalur pedestrian kita tata dan diberikan ruang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Selasa.

Pedestrian merupakan jalur yang disediakan bagi pejalan kaki di dalam kota yang posisinya sejajar dengan sumbu jalan untuk menjamin keselamatan para pejalan kaki.

"Kita memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk menggelar produk di jalur pedestrian, namun tetap kita tata agar keberadaannya tetap membuat wajah kota lebih rapi," ujarnya.

Bupati mengatakan, berbagai strategi dilakukan untuk menggeliatkan ekonomi pelaku UMKM.

"Tidak hanya memberikan ruang di jalur pedestrian, tetapi kita juga membangun titik baru agar ekonomi masyarakat bisa tumbuh dan berkembang," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, tahun ini dibangun alun-alun dalam Kota Toboali yang dilengkapi dengan wahana permainan.

"Alun-alun ini setidaknya menjadi titik baru untuk bisa tumbuh dan berkembangnya usaha ekonomi kreatif," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya tata kota yang baik dan pedestrian yang berdaya tarik maka UMKM lebih tertata rapi.

"Kami berharap dengan adanya tata kota yang baik dan penempatan UMKM yang tepat sasaran, maka perekonomian serta perputaran uang di daerah ini terus meningkat," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024