Penjabat Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta para aparatur sipil negara(ASN) di kota tersebut ikut berpartisipasi aktif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat usai pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Pangkalpinang yang berjalan lancar, meskipun ada satu tempat pemungutan suara yang melakukan pemungutan suara ulang," kata penjabat Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan situasi selama pelaksanaan pemilu hingga usai rekapitulasi hasil pemungutan suara di kota tersebut berjalan dengan sangat baik, aman dan tertib, sehingga situasi tersebut perlu untuk terus dipertahankan agar masyarakat bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman dan produktif.

"Kepada para ASN kami minta untuk bisa memberikan rasa tenang kepada masyarakat dan bersama-sama mengawal hasil yang akan diumumkan oleh pihak yang berwenang," ujarnya.

Sebagai pegawai, baik pegawai negeri sipil maupun tenaga honorer, harus menyadari tugas pokok dan fungsi dalam pemerintahan dan selalu bersikap netral pada setiap pelaksanaan pemilu.

"Sebagai pejabat yang melaksanakan pemerintahan mari kita kawal hasil yang akan diumumkan nanti dan kita perlu ambil bagian dalam menenangkan masyarakat dan mengarahkan masyarakat agar bisa menerima hasil pelaksanaan pemilu," katanya.

Ia mengatakan pemerintahan memiliki struktural dalam berpemerintahan, dari pemerintahan tingkat kelurahan hingga pusat dan dalam upaya menyelesaikan permasalahan ada tanggung jawab sesuai tingkatan masing-masing.

"Jangan setiap permasalahan yang ada langsung dibawa kepada sekretaris daerah karena kita ada tingkatan masing-masing yang harus dilalui, apabila tidak bisa diselesaikan di kelurahan ada kecamatan apabila masih tidak bisa diselesaikan lanjut laporkan ke tingkat selanjutnya karena kita ini mempunyai tatanan dan struktural dalam berpemerintahan," katanya.

Para ASN di Pemkot Pangkalpinang diminta untuk lebih disiplin dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dalam menjalankan pemerintahan agar pelayanan dan tata kelola pemerintahan menjadi semakin baik.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024