Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melanjutkan pembangunan Lapas Toboali Kabupaten Bangka Selatan, guna mengantisipasi overkapasitas warga binaan permasyarakatan di lapas daerah itu.

"Pada tahun ini, kita kembali melanjutkan pembangunan Lapas Toboali," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto saat Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan pembangunan Lapas Toboali ini, karena belum adanya lapas dan rutan di Kabupaten Bangka Selatan, sehingga tahanan dan WBP harus dititipkan ke Lapas Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka.

"Selama ini tahanan dari Bangka Selatan disidangkan di Sungailiat Kabupaten Bangka dan ini sangat jauh sekali," katanya.

Ia menyatakan untuk mensidangkan tahanan di Kabupaten Bangka Selatan ini, Kejari harus membawa tahanan ke Pengadilan Sungailiat Bangka dengan waktu perjalanan sekitar lima jam perjalanan, karena tidak adanya lapas di Bangka Selatan ini.

"Mudah-mudahan Lapas Toboali ini cepat selesai, sehingga pelayanan pemerintah kepada masyarakat semakin dekat dan baik," katanya. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel Kunrat Kasmiri mengatakan pembangunan Lapas Toboali Bangka Selatan berkapasitas 500 orang WBP ini ditargetkan selesai 2025.

"Pembangunan Lapas Toboali tahun ini memasuki pembangunan tahap dua dan ditargetkan selesai 2025," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024