Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan para calon haji untuk mengantisipasi cuaca panas selama di tanah suci agar selalu sehat dan bisa menjalankan ibadah haji dengan baik.

"Rukun Islam kelima ini merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan dan konsistensi bagi mereka yang melaksanakannya. Maka dari itu, sebelum berangkat, kunjungi sanak keluarga terdekat, saling bermaafan, kembali mantapkan niat, semoga menjadi haji yang mabrur," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Minggu.

Ia menyarankan, para calon haji tetap menjaga pola makan yang sehat dan teratur selama berada di tanah suci, serta menghindari makanan yang bersifat asam mengingat kondisi cuaca yang berbeda dengan Indonesia pada umumnya.

Selain itu, kata dia, memperbanyak minum air zamzam juga akan menjaga daya tahan tubuh.

"Bismillah, mudah-mudahan kita semua bisa pulang dalam keadaan sehat walafiat. Bagi yang belum bisa berangkat, insyaallah, Allah catat nama kita untuk ziarah ke makam Rasulullah dan ke Kabah. Kita ber-husnudzon kepada Allah," katanya.

Pada tahun ini jumlah calon haji dari kabupaten Bangka Barat sebanyak 143 orang, jumlah ini sudah termasuk 11 orang calon haji yang masuk dalam daftar cadangan.

Jamaah calon haji dari Kabupaten Bangka Barat dibagi dua kelompok terbang (kloter), yaitu enam orang akan ikut dalam Kloter 5, sedangkan 137 orang di Kloter 6.

Berdasarkan data yang sudah diterima untuk Kloter 5 calon haji akan masuk Asrama Haji Pangkalpinang 16 Mei 2024, sedangkan anggota Kloter 6 masuk asrama 17 Mei 2024.

Setelah masuk asrama, mereka akan menginap satu malam, kemudian pada hari berikutnya diberangkatkan dari embarkasi Palembang ke Madinah, untuk Kloter 5 berangkat pukul 19.20 WIB sedangkan Kloter 6 pukul 19.50 WIB.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024