Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung bersama personel Satbrimob Batalyon B Pelopor Polda Babel mengevakuasi sebuah pohon tumbang di dekat rumah dinas Kapolres Belitung di jalan Merdeka, Tanjung Pandan akibat angin kencang, Senin (13/5) malam.

"Personel BPBD Belitung dibantu dengan personel Satbrimob Batalyon B Pelopor Polda Babel berhasil mengevakuasi sebuah pohon tumbang di dekat rumah dinas Kapolres Belitung," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Senin malam.

Menurut dia, pohon tumbang tersebut merupakan pohon beringin yang sudah berumur tua dengan diameter mencapai satu meter lebih.

Ia mengatakan, pohon tersebut tumbang disebabkan oleh faktor cuaca buruk disertai angin kencang yang terjadi pada sore hari tadi.

"Karena sore tadi cuaca di kota Tanjung Pandan sempat hujan disertai angin kencang sehingga pohon beringin yang memang sudah berumur tua ini rebah atau tumbang," ujarnya.

Ia menyebutkan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil dalam peristiwa tersebut.

Disampaikan Agus, pihaknya menurunkan sejumlah personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dan petugas damkar BPBD Belitung dan guna mengevakuasi pohon yang berukuran cukup besar tersebut.

"Peralatan yang kami gunakan adalah mesin chainsaw untuk membelah dan memotong batang serta ranting pohon beringin tersebut," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk mewaspadai terjadinya peristiwa pohon tumbang di tengah kondisi anomali cuaca seperti sekarang ini.

"Apabila ada pohon besar dan sudah berumur tua kami imbau sebaiknya ditebang guna menghindari kejadian pohon tumbang dan menimpa orang maupun rumah di bawahnya apalagi tengah kondisi cuaca ekstrem sekarang ini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024