Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih 40 orang pengelola taman rekreasi di daerah itu untuk mendukung kapasitas pekerja pariwisata.

Selain meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pekerja pariwisata, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Maddona di Sungailiat, Senin, mengatakan, pelatihan ini sangat penting untuk motivasi dan kompetensi pengelolaan destinasi dan daya tarik wisata.

Karena diketahui di era informasi teknologi modern yang terus berkembang, pekerja pariwisata dituntut harus mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata.

Pelatihan yang dijadwalkan mulai Senin - Kamis tanggal 13-16 Mei 2024 mendatang, peserta memperoleh latihan materi 50 persen, 20 persen diskusi dan kerja kelompok serta 30 persen praktek lapangan.

Pekerja pariwisata yang mendapatkan pelatihan taman rekreasi terdiri dari pelaku ekonomi kreatif dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Bangka.

Plt Asisten Administrasi Umum Setda Bangka, Restunem mengatakan, pelatihan diperlukan karena kesadaran dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Bangka masih kurang, begitu juga SDM di Bidang pariwisata harus terus ditingkatkan.

"Melalui pelatihan ini diharapkan mampu membangun kesadaran untuk memaksimalkan dalam mengembangkan kepariwisataan yang ditetapkan sebagai sektor unggulan daerah," jelasnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Bangka memiliki kekayaan destinasi wisata yang belum semua dikelola dengan maksimal.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024