Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengimbau para calon jamaah haji Bangka Belitung di tanah suci Mekah nantinya untuk senantiasa mengoptimalkan ibadah kepada Allah SWT.  

Di kesempatan ini Erzaldi memotivasi para jamaah jangan ada jemaah yang melewatkan waktu selama kurang lebih 40 hari di sana tanpa optimalisasi ibadah.
 
"Tentunya selain ibadah wajib kita manfaatkan juga di tanah suci dengan beragam ibadah sunnah," kata Erzaldi kepada 450 calon jamaah haji kloter ke-lima, Jumat (17/5) bakda subuh, di masjid terapung asrama haji. 

Ia juga mengingatkan para jamaah agar dapat memanajemenkan waktu dengan baik untuk semua waktu dan aktivitas. Hanya dengan manajemen waktu yang baik itulah menurutnya semua aktivitas ibadah bisa terakomodir secara jelas.

"Ibadah haji bukan serta merta hanya ibadah batin, tapi juga ibadah fisik karena setiap harinya orientasi kegiatan selalu bersentuhan dengan fisik," kata mantan Gubernur Babel tersebut.

Erzaldi menambahkan, perlu waktu hingga 27 tahun untuk menunggu giliran antri dalam mendapatkan kesempatan ibadah haji. Begitu juga dengan biayanya yang terbilang mahal. 

"Oleh karena itu manfaatkanlah keberadaan kita di tanah suci agar betul-betul optimal sehingga harapanya kembali ke tanah air jadi haji yang mabrur," pungkasnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024