Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melepas dan memberangkatkan sebanyak 143 orang calon haji yang berasal dari daerah itu, pada Jumat (17/5) di Masjid Sirathal Mustaqim Kelapa.

Kepala Jamaah Calon Haji Bangka Barat, Yadi di hadapan wakil bupati, keluarga pengantar dan ribuan warga yang memadati Masjid Shiratal Mustaqim Kelapa menyampaikan rasa syukur karena bisa berangkat haji tahun ini.

Selain itu, dia juga mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan serta mohon doa semoga jamaah calon haji Bangka Barat selalu diberikan nikmat sehat dan menjadi haji mabrur.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bong Ming Ming mengucapkan selamat atas kesempatan yang diberikan Allah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, semoga tetap Istitho'ah dalam menjalankan semua rangkaian Ibadah haji.

"Mohon maaf atas segala kesalahan kehilafan kami berdua bersama Pak Haji Sukir selama memimpin Bangka Barat, semoga kita tetap sehat dalam perjalanan dari tanah air ke tanah suci, dan kembali ke tanah lagi menyandang predikat haji mabrur dan mabruroh," katanya.

Menurut dia, haji mabrur tidak diberikan begitu saja oleh Allah SWT, namun haji mabrur bisa diraih dengan dilatih penuh kesungguhan dan istiqomah. 

Jamaah calon haji Bangka Barat tahun 1445H berjumlah 143 orang yang terbagi menjadi dua kelompok terbang (kloter), yaitu kloter-5 sebanyak enam orang yang sudah berangkat terlebih dahulu pada hari Kamis (16/5) dan kloter-6 sebanyak 137 orang yang berangkat Jumat (17/5).

Selanjutnya jamaah Haji akan menuju Asrama Haji antara di Pangkalpinang. Keesokan harinya Sabtu, 18 Mei 2024 dengan Jamaah Haji dari Kabupaten/Kota di Wilayah Bangka Belitung terbang menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II untuk transit dan ganti pesawat kemudian terbang kembali menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. Menurut jadwal Kementerian Agama Republik Indonesia, pemulangan jamaah haji Indonesia dilaksanakan pada 4-22 Juli 2024.

Pewarta: Donatus Dasapurna/Agus Sunawan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024