Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharuskan Satpol Pamong Praja (PP) Kepulauan Babel mengedepankan  pengamanan humanis dalam mendukung keamanan pelaksanaan Pilkada 2024 di Negeri Serumpun Sebalai.

"Satpol PP harus meningkatkan profesionalisme dalam menciptakan ketenteraman umum dan perlindungan masyarakat," kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel Fery Afriyanto saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan jajaran Satpol PP, Damkar dan Satlinmas harus lebih meningkatkan profesionalisme, kapasitas aparatur dan mengedepankan pengamanan humanis serta proaktif dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, karena merupakan salah satu urusan wajib pelayanan dasar. 

"Satpol PP harus juga meningkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini," ujarnya. 

Menurut dia pengalaman pilkada sebelumnya serta pemilu tahun ini dapat dijadikan landasan yang kuat bagi Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dalam menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan profesional. 

"Dengan memanfaatkan pengalaman tersebut, diharapkan Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dapat lebih siap dan tanggap menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama masa kampanye dan pelaksanaan Pilkada serentak nantinya," harapnya. 

Ia menggarisbawahi akan pentingnya koordinasi serta kolaborasi, utamanya dalam melakukan pemantauan terhadap harga bahan pokok untuk memastikan kecukupan stok dan stabilitas harga, serta ketersediaan BBM. 

"Pada peringatan HUT ke-74 Satpol PP ini, kita jadikan sebagai tahun refleksi untuk bersikap semakin tegas, namun tetap humanis dan proaktif dalam mencermati kondisi dan dinamika di wilayah masing-masing,” katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024