Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan program penyuluhan ke sekolah-sekolah untuk mencegah kemungkinan terjadi kenakalan remaja di daerah itu.

"Kami secara rutin berkala mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Bangka Barat untuk memberikan sosialisasi berbagai aturan yang ada kaitannya dengan remaja," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Kamis.

Menurut dia, sosialisasi dan edukasi tidak hanya dilakukan di sekolah menegah yang ada di Kecamatan mentok, namun juga sekolah-sekolah lain yang ada di kecamatan dengan melibatkan para personel Bhabinkamtibmas dan Polsek jajaran.

"Terakhir kita gelar penyuluhan di SMK Negeri 1 Kelapa yang diikuti puluhan siswa bersama para guru dan pengelola sekolah," katanya.

Para peserta mendapatkan penjelasan berbagai materi pelanggaran hukum yang biasa dilakukan para remaja, seperti balap liar, penyalahgunaan narkotika, konsumsi minuman beralkohol, tawuran antarpelajar dan lainnya.

"Kita juga menyampaikan pemberlakuan tilang manual dan tertib berlalu lintas agar para pelajar patuh hukum serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," ujarnya.

Program penyuluhan ini merupakan salah satu bentuk wadah untuk melakukan pembinaan kepribadian dan karakter para pelajar yang memiliki peran penting bagi masa depan bangsa dan negara.

Ia berharap melalui kegiatan itu generasi muda di daerah itu bisa menjadi warga negara yang baik, sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia.

"Sebagai langkah awal agar bisa menjadi pribadi yang baik, kami sampaikan contoh perilaku yang bisa diterapkan sehari-hari9, misalnya menghormati guru, orang tua dan membiasakan d disiplin," katanya.

Dengan adanya penyuluhan itu diharapkan para peserta bisa memulai dan membiasakan diri dari hal kecil dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan membentuk karakter yang berkepribadian luhur.

"Dengan disiplin dan mampu memberikan rasa hormat kepada guru dan orang tua, kami yakin mereka akan menjadi pribadi yang baik sehingga akan terhindar dari berbagai sifat dan perbuatan yang tidak terpuji, seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras, tawuran, kebut-kebutan di jalan, balap liar dan tindak pelanggaran hukum lainnya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024